Kamis, 17 Januari 2008

APA KOLOSTRUM ITU

Apakah Kolostrum itu?

Kolostrum adalah cairan pra-susu yang dihasilkan oleh induk mamalia dalam 24 – 36 jam pertama setelah melahirkan anak (pasca-persalinan). Perbedaan kolostrum dan susu biasa adalah kolostrum mengandung komponen bioaktif yang tinggi, mengandung lebih 90 jenis komponen di dalamnya. Kolostrum mensuplai berbagai faktor kekebalan dan faktor pertumbuhan pendukung kehidupan dengan kombinasi zat gizi (nutrient) yang sempurna untuk menjamin kelangsungan hidup pertumbuhan dan kesehatan bayi-bayi yang baru lahir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolostrum sapi (Bovine Colostrum) sangat mirip dengan kolostrum manusia dan merupakan suatu alternatif yang aman. Bahkan ada laporan yang menyatakan bahwa kolostrum sapi 40kali lebih kaya akan faktor imun daripada kolostrum manusia.


Faktor Kekebalan Tubuh

Immunoglobulin (Ig) : Merupakan komponen penting di dalam kolostrum sejenis protein khusus yang dihasilkan tubuh (oleh sel limposit B) sebagai respons spesifik terhadap serangan substansi asing (antigen) seperti mikroba. Immunoglobulin tertentu ditunjukan khusus terhadap antigen yang memicu pembentukan immunoglobulin tersebut. Kolostrum sapi mengandung semua kelompok immunoglobulin yang ditemukan dalam kolostrum manusia yaitu IgG, IgA, IgM, IgE, IgD, dan paling berlimpah adalah IgG sekitar 2%. Sedangkan kolostrum sapi mengandung IgG hingga 40x dari jumlah IgG kolostrum manusia.

Laktoferin : Merupakan protein yang berperan sebagai anti virus, jugaanti radang (anti inflamasi) yang kuat, yang menghilangkan penyebab penyakit (patogen) terhadap zat besi yang mereka butuhkan untuk memperbanyak diri.

Polipeptida Kaya-Prolin : Mengatur aktifitas system imun tubuh dan mencegah penyakit Autoimune Disorder akibat system imun yang berlebihan.

Sitokin (cytokine) : Interlekin 1 & 6, Interferon Y dan berbagai limfokin menstimulasi produksi immunoglobulin dan mengatur intensitas fungsi imun.

Oligosakarida : Merupakan kelompok gula (sakarida) yang mengikat bakteri penyerang untuk mencegah melekat dan menembus dinding usus seperti pada dinrom kebocoran usus (leaky gut syndrome).

Laktalbulmin : Meningkatkan kadar serotonin otak dan memperbaiki suasana hati mood) pada kondisi stress.

Lisozim : Telah terbukti dapat membunuh bakteri dan virus.



Faktor Pertumbuhan

PdgF (Plateled-derived growth Factor) : Faktor pertumbuhan yang berasal dari platelet, bermanfaat menstimulasi pertumbuhan jaringan ikat, berperan pada penyembuhan luka dan membantu pembelahan sel untuk keberlangsungan hidup dan regenerasi sel saraf.

EgF (Epidermal growth Factor) : Faktor pertumbuhan epitel, bermanfaat membantu, melindungi dan menjaga kesehatan kulit.

FgF (Fibroblast growth Factor) : Faktor pertumbuhan fibroblast, bermanfaat mempercepat penyembuhan luka dan perbaikan jaringan.

IgF 1 & 2 (Insulin-like growth Factor) : Faktor pertumbuhan yang mirip insulin, membantu menjaga kadar normal gula dan kolesterol dalam darah, membantu memperbaiki DNA &RNA, meningkatkan jumlah otot tanpa lemak dan anti penuaan dini.

HgH (Human growth Hormon) : Hormon pertumbuhan manusia, bermanfaat mengatur pertumbuhan dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

TgF A & B (Transforming growth Factor) : Faktor pertumbuhan transformasi (perubahan bentuk) bermanfaat membantu pembentukan dan perbaikan jaringan ikat, tulang dan tulang rawan.

Faktor Nutrisi

· Kolostrum mengandung vitamin dan mineral yang sempurna untuk metabolisme, pertumbuhan dan perkembangan normal.

· Berfungsi sebagai ko-enzim untuk proses kimia tubuh berjalan dengan benar.

· Kolostrum juga mengandung asam amino yang merupakan kelompok protein pembangun untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Tidak ada komentar: